
Bintaraloka benar benar berbeda kali ini. Di depan kelas 9.1 anak-anak berkumpul dengan kelompoknya. Mereka tampak membaca lembaran pamflet dan berlatih mempresentasikannya.
Beberapa anak yang lain menyanyikan lagu bersama-sama. Lagu Gugur Bunga, Tanah Airku, Rayuan Pulau Kelapa, satu demi satu disenandungkan. Harapannya nanti di dalam ruang ujian mereka bisa membawakan lagu dengan baik.
Ya, sesudah presentasi Topeng Malangan mereka harus menyanyikan satu buah lagu Nasional.
Di sudut yang lain lagi, depan kelas 9.5, siswa siap menerangkan laporan hasil observasi mereka saat proses pembuatan Topeng Malangan yang sudah dilaksanakan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Di atas adalah gambaran sekilas tentang pelaksanaan ujian praktik kelas sembilan yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 10 Februari kemarin.
Ujian praktik kali ini diikuti oleh sekitar 270 siswa yang tersebar dalam sembilan kelas.

Secara umum tujuan dari pelaksanaan ujian praktik adalah mengukur mutu dan pencapaian hasil belajar psikomotor, kecakapan dan keterampilan peserta didik pada akhir jenjang satuan pendidikan pada mata pelajaran yang telah ditentukan
Ujian praktik di SMP Negeri 3 Malang dilakukan di seluruh pelajaran dengan durasi waktu 120 menit tiap mapel.
Ada yang menarik dari ujian praktik kali ini yaitu adanya kolaborasi beberapa mata pelajaran dengan P5 yang mengambil tema Topeng Malangan.
Mapel yang berkolaborasi adalah PPKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, IPS, Prakarya, dan Informatika.
Empat mapel lainnya yaitu matematika, IPA, PJOK dan Agama mengusung tema sendiri.
Apa materi ujian dari masing masing mapel?

Mapel matematika mengambil tema bangun ruang dan statistika. Materi bangun ruang dikerjakan secara berkelompok, sedangkan statistika secara individu.
Untuk mapel IPA materi ujiannya adalah uji asam basa dan getaran bandul ayun.

PJOK mengujikan materi basket dan volley, sedangkan agama mengujikan sholat jenazah dan tajwid (agama Islam).

Bagaimana dengan mapel yang berkolaborasi dengan P5?
Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila siswa kelas sembilan sekarang sedang mengambil tema Membangun Seniman Muda Topeng Malangan.
Dalam projek tersebut siswa diajak belajar tentang sejarah dan filosofi topeng Malangan sekaligus membuatnya.
Sudah hampir 1,5 bulan siswa berkutat dengan topeng Malangan, tentunya banyak pengetahuan juga pengalaman yang mereka dapatkan. Segala pengetahuan dan pengalaman tersebut yang akan dipakai sebagai bahan ujian praktik beberapa mapel tahun ini.

Untuk mapel PPKN siswa diminta untuk membuat pamflet dengan isi cara-cara melestarikan budaya Topeng Malangan.
Tugas untuk mapel Bahasa Indonesia , siswa diminta membuat teks laporan tentang pembuatan Topeng Malangan. Laporan ditulis tangan, bukan diketik. Laporan dibuat dari hasil pengalaman mereka membuat topeng Malangan dalam P5 di minggu-minggu sebelumnya.
Mapel Bahasa Jawa meminta siswa membuat video tentang karakter dari Topeng Malangan. Ya, dalam Topeng Malangan bisa dijumpai karakter baik (karakter becik) dan karakter jahat (karakter olo). Dalam video siswa menjelaskan berbagai karakter tersebut dalam bahasa Jawa.

Tugas dari mapel Bahasa Inggris adalah membuat teks deskripsi, prosedur, dan dialog tentang Topeng Malangan dan cara membuat nya.
Tugas dari mapel IPS adalah meminta siswa membuat booklet yang isinya sejarah dan filosofi dari tokoh Topeng Malangan.

Mapel prakarya meminta siswa menjelaskan cara membuat Topeng Malangan, sedangkan mapel Informatika meminta siswa membuat video vlog berkelompok tentang perjalanan pembuatan Topeng Malangan.
Sekilas tugas-tugas tersebut tampak berat, tapi jika siswa bisa mengatur waktu semua bisa terselesaikan karena proses pembuatan sudah dilakukan sejak seminggu sebelum ujian praktik dilaksanakan, include dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Penggunaan Topeng Malangan untuk materi ujian praktik dari berbagai mapel ini adalah sebagai wujud nyata dari pelaksanaan theme based learning di tingkat SMP.
Akhirnya selamat menjalankan ujian praktik bagi anak anak kelas sembilan, semoga semua diberikan kemudahan dan kelancaran.
Seperti itulah seharusnya siswa bintaraloka, selalu bersemangat, belajar dan mempersiapkan diri scr maksimal menghadapj ujian.. Semoga sukses nak..
Luar biasa persiapan dan semangat siswa-siswi Bintaraloka saat ujian praktik. Riuh riang namun tetap serius mempersiapkan diri untuk ujian praktik. Sukses selalu.
Semangat kolaboratif positif untuk menunjukkan kompetensi masing masing.
“Hasil tidak akan pernah mengkhianati Usaha.”
Semangat selalu siswa-siswi Bintaraloka.
Alhamdulillah… Semangat yang luar biasa, karena siswa Bintaraloka bukan siswa biasa. Kolaborasi yang asyik dan menyenangkan antar matpel dalam mengenalkan budaya daerah yaitu topeng Malangan.
This year is so awesome examination. It is done by theme Malangan mask continuing from project of P5. I love very much because we can implement deeplearning. Most subjects collaborate and dig more information about local culture. Teachers and students have more comprehansive knowledges how to make malangan mask, how to make report of it which is not only orally but also digitally, talking and sharing information through conversation of english way, digging deep information about history of it, perform through cat walk and many others. Honestly I am as the examiner it is so satisfying. And Hopefully all my students can take many experiences, advantages and lesson.