Ujian Sekolah 2017 “Perpaduan Komputer-Kertas”

Siswa Mengerjakan Ujian Sekolah di Kelas

Ada yang berbeda dengan Ujian Sekolah kali ini, yang menarik adalah perpaduan antara Komputer dengan Kertas. Ujian berbasis komputer kami laksanakan untuk mengerjakan soal pilihan ganda. Sedangkan berbasis kertas untuk mengerjakan soal uraian. Soal uraian ini pertama kali muncul ketika ujian sekolah. Sebelumnya tidak pernah ada soal uraian dalam Ujian Sekolah.

Ujian sekolah kali ini dilaksanakan mulai hari Kamis, 13 April 2017 sampai dengan Jumat, 21 April 2017.  Sebelum itu, dua minggu sebelumnya kami telah merencakan dan mempersiapkan perangkat ujian, mulai dari kisi-kisi, kartu soal, soal, dan juga menelaah soal-soal yang akan diujikan. “Kami mengupayakan memberikan pendidikan yang terbaik bagi siswa-siswi SMPN 3 Malang” ungkap Ibu Elly selaku Waka Kurikulum. “Apalagi dengan adanya soal uraian kami butuh lebih persiapan dari ujian sebelumnya” tambah beliau.

Secara teknis Ujian Sekolah kali ini hampir sama dengan ujian sebelumnya. Yakni siswa masuk ke ruangan yang telah ditentukan sebelumnya. Namun ada yang berbeda dalam pelaksanaannya. Perbedannya adalah kami memadukan komputer dan kertas. Soal pilihan ganda dikerjakan di komputer dengan full online, sedangkan uraian dikerjakan di kelas. Beberapa hari sebelumnya, Bpk, Fajar selaku teknisi Ujian Sekolah mengadakan uji perangkat siswa. “Saya uji perangkat seluruh siswa agar dalam pelaksanaan tidak mengalami kendala” kata Bpk Fajar selaku teknisi Ujian Sekolah. “Saya berharap tidak ada perangkat siswa yang eror lagi” tambah beliau. Dari pihak sekolah tetap menyediakan dan meyiapkan 3 lab komputer berkapasitas sekitar 100-an untuk menanggulangi perangkat siswa yang eror dan minim perangkat. “Kami tetap menyiapkan ketiga Lab Komputer kami untuk pelaksanaan Ujian Sekolah kali ini” Jelas Bpk Fajar.

Lalu bagaimanakah ujian sekolah di mata siswa? Siswa telah mempersiapkan materi dengan belajar di rumah. Siswapun juga menyiapkan perangkat ujian sekolah. Beberapa siswa yang perangkatnya minim langsung di daftar dan mengerjakan di lab komputer. “Untung ada lab komputer yang selalu siaga” Ungkap salah seorang siswa yang laptopnya tiba-tiba mati. Ada beberapa siswa yang berkata” Pak, kok tidak semua online saja?”. Pertanyaan itu menunjukkan siswa yang lebih suka mengerjakan full online. Beberapa siswa berharap, semoga ujian yang akan datang bisa full online.

Dalam pelaksanaan Ujian Sekolah kali ini, pengawas Kota Malang dan Provinsi juga berkunjung ke SMPN 3 Malang untuk melihat secara langsung pelaksanaan Ujian Sekolah di SMPN 3 Malang. SMPN 3 Malang adalah satu-satunya sekolah SMP yang mengadakan ujian sekolah secara online. Tidak hanya itu, guru dan siswapun sudah terbiasa pembelajaran secara online seperti ulangan harian online, materi online, dan nilai online. “Saya berharap dengan demikian siswa kami siap untuk melaksanakan UBK” Ungkap Ibu Tutut S. selaku kepala SMPN 3 Malang. Beliau menambahkan dengan yakin “Siswa kami siap UBK 2017.”

Penulis: Alatas

 

Dokumentasi Ujian Sekolah:

Siswa Mengejakan di Lab Komputer
Siswa Mengerjakan di Lab Komputer
Siswa Mengerjakan Ujian Sekolah di Lab Komputer

 

One thought on “Ujian Sekolah 2017 “Perpaduan Komputer-Kertas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *