Cerpen “Petualangan di Dunia Game”

Petualangan di Dunia Game
Oleh: Gavriel Timothy Whitan

Kousuke Souma, adalah seorang dokter bedah yang masih magang di sebuah Rumah Sakit di Osaka, Jepang. Dia juga seorang gamer jenius berusia dua puluh satu tahun yang selalu memenangkan kontes bermain game yang diselenggarakan bagi seluruh gamer Jepang. Dia memiliki dua kepribadian yang berbeda. Saat dia ditugaskan menjadi dokter, dia akan melakukan operasi dengan cepat namun pasti. Tetapi, saat dia sedang bermain game, kepribadiannya sangatlah berubah. Jika bermain game, Kousuke akan serius bermain game tanpa peduli keadaan lingkungan sekitarnya.

Sebenarnya, Kousuke adalah kelinci percobaan oleh seorang dokter untuk melahirkan virus terhebat sepanjang masa. Namun, percobaan dokter tersebut gagal, lalu virus itu menghinggapi dokter itu dan anak buahnya dan menderita sebuah penyakit yang disebut penyakit game. Virus itu dinamai Virus Bugster. Jika Virus Bugster sudah bertambah parah, virus itu akan mengambil alih tubuh inangnya. Dia mengalami hal yang sama persis dengan peristiwa yang terjadi pada Emū Hōjō, tokoh utama di film Kamen Rider Ex-Aid. Dia juga salah satu korban penyakit game yang selamat. Itulah yang menyebabkannya saat bermain game, dia tidak menghiraukan keadaan sekitar.

Saat Kousuke sedang bermain game, tiba-tiba dia merasa pusing dan tidak sadarkan diri karena itu adalah efek penyakit game yang dimilikinya. Saat dia siuman, dia melihat bahwa dia tidak lagi di Osaka, tetapi dia sadar bahwa dia berada di dunia game. Dia menyadarinya karena dia melihat balok-balok di dunia itu berbentuk seperti kumpulan pixel. Lalu, dia mendengar ada ledakan di arah timur. Dia penasaran ledakan apa itu, oleh karena itu dia pergi ke sumber suara ledakan. Sepuluh meter sebelum sampai di sumber suara ledakan, Kousuke bertemu seseorang yang sangat mirip dengan Emū Hōjō atau juga bisa disebut Kamen Rider Ex-Aid. Emū berkata, “Jangan ke medan perang kalau kau bukan seorang gamer jenius. Hanya orang yang dapat menyelesaikan game Mighty Action X level dua puluh lima saja yang dapat disebut gamer jenius, sedangkan kamu hanya bisa mencapai level dua puluh saja. Yang bisa mengendalikan dunia game hanyalah seorang gamer jenius. Jika bukan, kamu akan mati dan terperangkap di dunia game. Jika kamu bisa mengendalikannya, kamu akan bisa kembali ke Osaka dan penyakit game yang kamu derita akan hilang.” Lalu dia pun kembali ke medan perang.

Kousuke heran mengapa Emū atau orang yang kerap disapa M tersebut mengetahui semua tentangnya, termasuk level berapa kemampuanku. Kousuke pun mengeluarkan gamenya dan membuka game Mighty Action X. Dia mencoba dengan sepenuh hati agar menjadi seorang gamer jenius yang sesungguhnya. Dia mencoba terus-menerus, memang dia gagal terus, namun dia orang yang pantang menyerah. Akhirnya, usahanya membuahkan hasil. Dia sudah mencapai level dua puluh lima dan di membuka menu penghargaan dan melihat penghargaan ‘Genius Gamer’ sudah diraih. Dia pun saat senang, lalu Kousuke pun pergi ke medan perang untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi. Akhirnya, rasa penasarannya pun hilang karena melihat yang terjadi sebenarnya. Ternyata, ledakan itu sebenarnya adalah hancurnya seekor monster raksasa karena diserang oleh pahlawan super seluruh dunia termasuk Kamen Rider Ex-Aid.

Tiba-tiba, latar berubah dengan sendirinya. Terdengar banyak ledakan dimana-mana. Ternyata, dunia game sedang ditimpa meteor yang berbentuk pixel dengan jumlah yang sangat banyak. Kousuke bingung, tapi ini bukanlah saat untuk seorang gamer jenius bingung. Dia pun menggunakan kekuatan pikirannya untuk mencegah meteor tersebut mencapai darat dan mengembalikannya ke angkasa. Kousuke berhasil, namun dia kehilangan tenaga. Tak lama kemudian, dia melihat seorang perempuan sedang ketakutan karena akan tertimpa meteor. Rupanya, meteor itu lolos dari kekuatan pikiran Kousuke dan mengarah ke perempuan tersebut. Dia pun berpikir secara cepat dan menghancurkan sebuah balok. Dia pun mendapat item ‘Speed Up’ yang dapat membuatnya berlari dengan kecepatan cahaya selama sepuluh detik. Kousuke berlari ke arah perempuan itu dengan kecepatan yang luar biasa tinggi dan menyelamatkan perempuan itu dari timpaan meteor.

Akhirnya meteor-meteor itu tidak muncul lagi, dan perempuan itu berterima kasih karena sudah menyelamatkannya. Perempuan itu menceritakan apa yang sebenarnya terjadi pada Kousuke. Sebenarnya, dia baru saja tahu bahwa penyakit gamenya sudah sangatlah parah. Itulah yang menyebabkannya sering pusing. Dia harus bisa melawan penyakit itu agar bisa kembali ke Osaka di dunia nyata. Tiba-tiba, Emū datang kepada Kousuke dan menyuruhnya agar cepat menggunakan kekuatan pikirannya untuk kembali ke Osaka karena dunia game akan berubah latar menjadi tempat kehancuran dunia game. Awalnya Kousuke tidak yakin terhadap perkataan Emū, namun dia mencoba meyakinkan dirinya bahwa dia bisa mencapai tujuannya, yaitu kembali ke Osaka dan menjadi gamer paling jenius di dunia.

Dia berkata pada Emū dan perempuan yang diselamatkannya tadi untuk menggabungkan pikiran dan impian mereka dengan Kousuke. Emū dan perempuan itu berkata, ”Baiklah, kita coba saja.” Mereka menggabungkan pikiran dan impian mereka masing-masing untuk membuat sebuah portal. Satu menit kemudian, munculah sebuah lubang berwarna kuning yang agak besar. Emū berkata bahwa itu adalah portal yang mereka ciptakan dari pikiran dan impian para gamer jenius. Emū berkata, “Mari, kita kembali bersama-sama.” Ternyata, Emū dan perempuan tadi juga terperangkap di dunia game. Tanpa ragu, Kousuke, Emū, dan perempuan yang sebenarnya bernama Kasumi tersebut masuk ke portal dan kembali ke Osaka sebelum dunia game berubah latar dan hancur. Mereka terselamatkan dan mereka pun menjadi sahabat baik.

2 thoughts on “Cerpen “Petualangan di Dunia Game”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *