Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Pendidikan karakter merupakan suatu jawaban yang tepat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terkait kerusakan moral dan jati diri suatu bangsa. Pendidikan karakter mulai didapatkan anak sejak berada di bangku sekolah. Sekolah sebagai penyelenggara pendidikan karakter tersebut diharapkan dapat menjadi wadah yang mampu mewujudkan misi dari pendidikan karakter tersebut.

Salah satu upaya alternatif yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah adalah melalui pengoptimalan pembelajaran materi pendidikan. Salah satunya adalah pelajaran Seni Budaya. Peran pendidikan seni budaya sangatlah strategis dalam mewujudkan pembentukan karakter siswa seperti video di atas.

SMPN 3 Malang melalui pelajaran seni budaya menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inofatif. Pembelajaran terpusat pada siswa. Guru sebagai fasilitator yang menciptakan tempat belajar yang menyenangkan.

Menurut Rudi Hartono, selaku guru Seni Budaya mengatakan bahwa tujuan diadakan kegiatan tersebut adalah untuk melatih kreativitas dan karakter siswa. “Kedua kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah kami untuk membangun karakter siswa,” tambah Rudi.

Awal pembelajaran, siswa berbaris di depan kelas. Hal tersebut melatih kedislipinan siswa. Siswa berdoa untuk mengawali pembelajaran. Hal tersebut melatih karakter agama siswa. Pembelajaranpun disetting di lingkungan sekolah. Harapannya siswa benar mengekpresikan ide kreatifnya. (Arifin Alataz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *