GLS SMPN 3 MALANG

Setiap pekan  pada hari Jumat dan Sabtu siswa SMPN 3 Malang diwajibkan untuk membaca pada pagi hari. Kegiatan literasi tersebut termasuk salah satu kegiatan pagi di SMPN 3 Malang. Setelah membaca siswa juga diharuskan untuk menulis ringkasan dari apa yang mereka baca. Hal itu guna meningkatkan minat baca dan meningkatkan prestasi siswa.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 3 Malang, Dra. Tutut Sri Wahyuni, M.M.Pd. “Literasi yang dilakukan selama kegiatan pagi itu kini telah membawa perubahan bagi siswa-siswinya.”. beliau juga mengungkapkan “Kegiatan membaca dan menulis tersebut selain meningkatkan kegemaran membaca juga telah meningkatkan prestasi siswa-siswinya.” “Dan itu juga berdampak pada hasil ujian nasional, yakni SMPN 3 Malang menjadi SMP terbaik di Kota Malang,” jelasnya kepada reporter Jurnalistik Bintaraloka.

Budaya literasi yang diterapakan di SMPN 3 Malang dinilainya telah membawa perubahan besar. Ibu Kepala Sekolah Dra. Tutut Sri Wahyuni, M.M.Pd. “Siswa-siswinya kini menjadi gemar membaca, hingga sekolah harus berinovasi memenuhi kebutuhan bacaan siswa.” Invosai untuk meningkatkan budaya literasi meliputi Perpuskaan, Perpustakaan Online, Pojok Kelas, Perpustakaan Keliling, dan lain sebagainya. Dra. Tutut Sri Wahyuni, M.M.Pd. berharap “Dengan adanya berbagai inovasi tersebut, saya berharap SMPN 3 Malang dapat membudayakan literasi di sekolah” (Alatas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *